7.21.2011

Google, Kindle Berebut Proyek Harry Potter


Google mengumumkan akan mengeluarkan kisah Harry Potter karya J.K. Rowling dalam format ebook (buku digital). Kabar ini tergolong mengejutkan, karena sebelumnya J.K. Rowling telah mengumumkan hanya akan menjual versi ebook petualangan penyihir muda asal Hogwarts ini di situs milikinya, Pottermore.com.

Seperti dikutip dari laman TechCrunch, kisah Harry Potter akan tersedia mulai Oktober dalam platform Google Books. Waktu peluncuran ini disamakan dengan peluncuran ebook Harry Potter di situs Pottermore.com, yang akan dimulai pada bulan Oktober.

Adapun platform Google Books adalah produk Google yang memungkinkan pembaca bisa mengakses sejumlah ebook, dengan perangkat apapun yang menggunakan sambungan internet. Google eBooks ini kompatiberl dengan perangkat yang menggunakan Android, iPhone, iPad, iPod touch, atau PC.

Sebelumnya, banyak yang memprediksi ebook dari petualangan Harry Potter akan dimunculkan dalam format DRM (Digital Right Management). Namun, Pottermore mengumumkan akan mendistribusikan ebook itu tidak dalam format DRM (DRM-free format).

Selama ini, Amazon dikenal hanya menjual ebook dalam format DRM. Namun, Amazon membantah, dan mengatakan menjual banyak ebook selain dalam format DRM. Format penjualan untuk Kindle, oleh Amazon diserahkan kepada penerbit.

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, apakah Amazon juga mengincar karya Rowling yang telah terjual 450 juta kopi dalam bentuk cetak. Google memang tidak menyebut soal hak ekslusif, karena itu ada kemungkinan Amazon juga akan berusaha mendapatkan versi ebook Harry Potter untuk dibaca di Kindle.

Selain itu, seperti dikutip dari laman PCMag, Google tidak diperbolehkan menjual ebook Harry Potter di laman milik Google. Dengan demikian, pembaca harus mengunjungi situs Pottermore.com. Sepertinya, pembaca akan dibiarkan memilih dalam platform ebook apa buku itu hendak dinikmati, apakah dalam bentuk Google Books atau Amazon Kindle.

Untuk pembelian, pembaca bisa membayar dengan menggunakan Google Checkout (sarana belanja online via Google) atau kartu kredit.

Pottermore.com
Selain untuk menjual ebook Harry Potter, J.K. Rowling memang menyiapkan Pottermore.com sebagai tempat penggemarnya bisa terus menikmati kisah Harry Potter, setelah kisahnya selesai dalam tujuh buku secara berseri itu. Situs Pottermore, juga disiapkan Rowling sebagai media 2.0, tempat pembacanya bisa berinteraksi.

Rowling tidak menyebut ada kemungkinan buku kedelapan petualangan penyihir dengan luka bergambar petir di dahi ini. Namun, Rowling mengatakan telah menulis sekitar 18.000 kata untuk dikisahkan di Pottermore.com, tentang karakter, tempat, dan obyek lainnya.

"Saya memiliki lebih dari setengah bahan cerita baru yang telah ditulis atau masih dalam bentuk catatan tangan," kata Rowling. "Saya gali beberapa yang tidak biasa dari sebelumnya (out of boxes)," kata Rowling, beberapa waktu lalu. 





Jangan lupa dukung blog Raziq di Kontes TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia. Makasih yaa ^_^






WirausahaKontak Jodoh
Mobil BekasPasang Iklan Rumah


lintasberita

0 komentar:

Poskan Komentar