3.11.2011

Gempa Bumi 8,9 SR Disertai Tsunami Guncang Jepang Hari Ini (Melebihi Tsunami Aceh)

Gelombang tsunami setinggi 4 meter sudah menyapu mobil dan menghancurkan bangunan. Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Indonesia.

Jepang digulung gelombang tsunami setinggi antara 10 sampai 20 meter, menyusul gempa bumi berkekuatan 8,9 Skala Richter.

Stasiun TV Jepang NHK, seperti dikutip Reuters, menyebutkan bahwa peringatan tsunami telah diterbitkan di seluruh Pulau Honshu, salah satu pulau utama Jepang.

Peringatan tsunami juga berlaku untuk hampir seluruh pesisir barat samudera Pasifik dan daerah selatan samudera terbesar dunia itu.

Menurut US Geological Survey, gempa bumi dahsyat yang berujung tsunami hebat ini berpusat di 130 km arah kota Sendai di Pulau Honshu, pada kedalaman 24 km.

Gempa di Jepang yang telah dinaikkan dari 8,8 menjadi 8,9 SR menghentak prefektur Miyagi, yang terdapat di timur laut negara maju itu.

Gempa itu menyebabkan banyak orang terluka, kebakaran dan tsunami setinggi 10 meter di daerah pesisir pantai. Demikian saksi mata pada televisi NHK sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (11/3/2011).

Gempa yang berpusat 373 km dari Tokyo ini juga menyebabkan warga Tokyo panik. Orang kantoran berhamburan semua, keluar dari gedung. Sedangkan yang berada di Disneyland dievakuasi.

Orang Indonesia yang berada di Disneyland menyatakan, jalanan di kawasan itu meregang, aspal terkelupas dan tiang listrik ambruk. Sungguh horor!

Gambar-gambar televisi menunjukkan terjangan air bah yang membawa puing-puing bangunan. Televisi NHK memperlihatkan kobaran api dan asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo, dan kereta api di utara negara itu dihentikan.

Asap hitam juga membubung dari kawasan industri di daerah Yokohama Isogo. Tayangan televisi menunjukkan perahu, mobil dan truk mengambang di air setelah tsunami kecil menghantam kota Kamaichi di utara Jepang.

Sebuah jembatan, lokasinya yang tidak diketahui, tampak telah runtuh ke dalam air. Kantor berita Kyodo mengatakan, ada laporan tentang kebakaran di kota Sendai di timur laut.

"Bangunan ini berguncang untuk waktu yang terasa lama dan banyak orang-orang di ruang berita meraih helm mereka dan beberapa masuk ke bawah meja," kata koresponden Reuters, Linda Sieg di Tokyo. "Mungkin ini gempa terburuk saya rasakan sejak saya datang ke Jepang lebih dari 20 tahun alu." Para penumpang di jalur kereta bawah tanah di Tokyo menjerit. Goncangannya sangat kuat, dan sangat sulit bagi orang untuk tetap berdiri, kata wartawan Reuters, Mariko Katsumura.

Ratusan pekerja kantor dan pengunjung toko tumpah ke jalan Hitotsugi, di pusat perbelanjaan di Akasaka di pusat kota Tokyo.

Tsunami diperkirakan mencapai Indonesia bagian Timur, Sulawesi, Papua, Maluku Dan sekitarnya Pukul 18.00 petang nanti.

Perhatian : Untuk Pembaca yang mempunyai saudara di Jepang khususnya dan Pantai timur indonesia seperti yang kami sebutkan diatas Dan sekitarnya untuk segera mencari tahu keadaan mereka dan menshare berita ini pada keluarganya yang lain terutama pada peta terdampak.
 
 



Jangan lupa dukung blog Raziq di Kontes TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia. Makasih yaa ^_^






WirausahaKontak Jodoh
Mobil BekasPasang Iklan Rumah


lintasberita

0 komentar:

Poskan Komentar