3.12.2011

Buku Ini Hanya Sebesar Jempol

Melihat buku supermini yang akan dilelang Bamfords Auctioneer, bak berada di dunia liliput Alice in Wonderland atau Gulliver’s Travels. Tidak cukup kacamata membacanya, melainnya perlu lensa pembesar khusus.

Buku itu adalah versi mini 'The Bible and the London Almanack', yang terbit pada tahun 1842. Buku itu ditemukan dari sebuah pembongkaran rumah oleh Bamfords Auctioneers, Derbyshire.

Walau tampak semacam miniatur, buku-buku ini memiliki detail isi layaknya bacaan pada umumnya. Orang bahkan dapat menemukan detail-detail penulisan yang sama persis dengan buku dalam ukuran yang sebenarnya.

Sebanyak 16 buku-buku liliput itu akan dilelang pada 16-18 Maret, dengan ukuran terkecil memiliki ukuran 11/8 inci. Sedangkan yang terbesar 31/8 inci. Bamfords Auctioneers mengharapkan akan mendapatkan hasil pelelangan lebih dari 2.000 Euro.

Miniatur buku yang memiliki ukuran lebih kecil dari 31/8 inch menjadi sebuah tren pada 1475. Buku pertama yang dibuat versi mininya adalah sebuah buku religi berjudul 'The Officium Beatae Virginis Maria. Tren percetakan ini pun berkembang. Pada tahun 1985, miniatur 'Old King Cole' yang berukuran 1/32 inch diproduksi di Skotlandia.

Menurut juru lelang Steven Iredale, penemuan miniatur buku antik adalah hal yang sangat langka. "Koleksi seperti ini pasti koleksi dari kolektor buku. Saya hanya pernah membacanya di masa lalu, namun tidak pernah mengurus pelelanganya sebelumnya," ujarnya seperti dikutip laman Daily Mail.

Dia pun menambahkan bahwa miniatur-miniatur buku ini harus mendapatkan perhatian ekstra untuk menjaga keaslian dan detailnya. "Pemiliki miniatur buku ini sebelumnya pasti merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk menjaga buku-buku ini," ujarnya.





Jangan lupa dukung blog Raziq di Kontes TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia. Makasih yaa ^_^






WirausahaKontak Jodoh
Mobil BekasPasang Iklan Rumah


lintasberita

0 komentar:

Poskan Komentar